Rabu, 09 Mei 2012

Sistem Penyaring Alami (biofilter)

Untuk Kolam Hias


Kolam pengendapan sebagai pengendap lumpur dapat juga sebagai biofilter yaitu dengan menambahkan tumbuhan air ke dalamnya. Untuk jenis tanaman air yang dapat membantu penyaringan/filterisasi pilihlah jenis tanaman yang mengapung seperti eceng gondok (Eichornia crassipes), jenis tanaman terendam seperti Hydrilla dan jenis tanaman yang perakarannya tertanam di bagian dasar seperti lotus/teratai. Kolam dengan system biofilter melalui tanaman air digabung dengan system buatan akan menghasilkan kualitas air yang lebih baik.
Tanaman Eceng Gondok (Eichornia crassipes)

Tanaman air juga dapat menyerap zat racun yang dihasilkan oleh kotoran dan urine ikan (amoniak) dan efektif meningkatkan kadar oksigen dalam air melalui proses fotosintesis.
Bila lahan yang tersedia sedikit dan kita membuat kolam berukuran kecil tentu saja luasan kolam penyaring alami ini disesuaikan dengan lahan yang tersedia, atau hanya menambahkan penyaring saja dengan catatan kolam tidak terkena matahari langsung dan air hujan tidak masuk ke kolam ini juga berakibat pada jenis dan jumlah ikan yang dipelihara menjadi terbatas.
Disini kita menggunakan eceng gondong sebagai biofilternya, kelebihan eceng gondok dari pada tanaman air yang lainnya yaitu :

  1. mudah tumbuhnya 
  2. mudah didapat
  3. mudah hidupnya
  4. daunnya yang hijau enak dilihat
  5. bunganya pun cukup cantik berwarna ungu
  6. tidak menyebabkan gatal
  7. tidak perlu perlakuaan khusus dalam perawatannya,
Musuhnya hanya ikan lele, kebiasaan ikan ini yang suka mencari makan di akar-akar eceng gondok dapat menyebabkan akatnya lepas.
Atau kita dapat pula membuat kolam khusus untuk penyaring biofilter ini. Tidak harus besar cukup 100 cm x 50 cm dengan kedalaman 25 cm. Ketebalan taburan pasir dan kerikil pada dasar kolam setebal 1 cm. Posisi kolam biofiler ini lebih tinggi dari kolam utamanya. Setelah kolam diisi air masukkan eceng gondok sampai menutupi seluruh permukaan kolam. Air di salurkan dari kolam utama menggunakan Pompa air (water pump) ke kolam biofilter melalui pipa di mana pada bagian ujung pipa yang berada pada dasar kolam disambungkan dengan alat penetral pH air sederhana yang telah dibolong-bolongi hanya saja bolongan pada kemasan air minum ini lebih banyak dibandingkan bila kita gabungkan alat ini dengan penyaring buatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar