Sabtu, 19 Mei 2012

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan memancing ikan


Musim
Musim Kemarau
Musim kemarau yang panas menyebabkan lapisan atas air danau menjadi hangat. Lapisan bawah dingin dan miskin oksigen. Karena ikan membutuhkan oksigen terlarut yang tinggi di air, maka ikan akan berada di tengah atau sebagian di permukaan air danau.
Musim Hujan
Sebaliknya saat musim hujan, air di permukaan cenderung dingin sehingga  lebih banyak oksigen terlarut di air dibanding di dasar danau yang hangat. Ikan cenderung banyak berada di permukaan dibanding  di dasar danau.


Suhu air
Suhu air berpengaruh sekali terhadap nafsu makan ikan, air yang dingin akan menurunkan nafsu makan ikan, sedangkan suhu air yang hangat itu lah saat yang terbaik kita untuk memancing.

Arus Laut (pasang surut) 
Arusnya mendekati puncak pasang atau puncak surut sampai dengan posisi sedikit melewati puncaknya, adalah saat terbaik kita untuk memancing.


Faktor cuaca
Badai, Hujan dan Langit Berawan
Kadangkala saat kita asyik mancing, seringkali kita mendapati tiba-tiba mendung dan hujan bahkan sering ada badai dan kilat. Bagaimana kondisi ini untuk memancing?. Badai dan perubahan cuaca seringkali mempengaruhi kesuksesan memancing, kadang hasilnya buruk, kadang sebaliknya.
Awan yang datang dengan tiba-tiba tentu menyebabkan sinar matahari yang menyinari permukaan air jadi terhalang. Hal ini berakibat ikan lebih agresif dalam mencari makan, sehingga memancing saat awan datang tentu lebih baik hasilnya dibanding saat terang benderang di siang atau sore hari.
Hujan ringan atau gerimis adalah waktu yang baik untuk memancing di perairan umum, karena menyembunyikan bayangan pemancing ataupun perahu pemancing. 

Kebiasaan ikan
Migrasi untuk bertelur
Beberapa jenis ikan akan bermigrasi dari laut ke air tawar untuk berkembang biak (bertelur), saat air pasang    adalah saat baik bagi ikan dewasa untuk bermigrasi, waktu yang dipilih ikan dewasa juga biasanya pada malam hari.


Tempat yang disukai
Ikan predator dewasa akan menyukai di mana ikan-ikan kecil berada, seperti pertemuan dua arus, dekat karang, di pinggir perairan bervegetasi. 


Waktu (siang atau malam)
Siang
Saat siang hari aktivitas memancing tentunnya lebih mudah dibandingkan saat malam hari, dengan memabawa peralatan standar untuk memancing sudah cukup.

Malam
Saat malam hari aktivitas memancing tentu membutuhkan peralatan yang khusus untuk mempermudah kita memancing, starlet dan senter sangat kita butuhkan saat memancing dan perhatikan juga pakaian yang kita kenakan, celana panjang, baju lengan panjang bila perlu kita juga membawa jaket.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar