Kamis, 10 Mei 2012

Jenis-jenis Umpan untuk Memancing

Umpan
Pengertian Umpan merupakan bagian dari alat pancing yang berfungsi untuk menarik perhatian pemangsanya sehingga tertarik untuk memakannya.
Umpan merupakan penentu utama keberhasilan kita mendapatkan strike selain keberuntungan tentunya. Umpan tepat di tempat yang tepat di waktu yang tepat memperbesar peluang kita untuk merasakan sensasi strike.

Jenis umpan pancing secara umum dapat dibagi menjadi 2 bagian:
  1. Umpan alami : Umpan yang diperoleh dari alam, baik dalam keaadaan hidup maupun sudah mati. Contoh : Udang, cacing, cacing laut, cumi, pelet, lumut, kodok, potongan ikan, ulat dsb.
  2. Umpan buatan /Lure : Umpan buatan manusia yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai baik bentuk maupun gerakannya mendekati umpan di habitat alaminya. Contoh umpan buatan : minnow, popper, metal jig, konahead, spoon, crankbait, stckbait, spinner, jig head, soft plastic lure, sabiki (kotrekan), feather jig  referensi : :fishyforum.com/wiki.
Umpan alami di bagi pula menjadi 2 jenis yaitu nabti dan hewani :
  1. Umpan hewani, umpan yang termasuk dalam golongan hewan, seperti udang, cacing, ikan kecil, dsb
  2. Umpan nabati, umpan yang termasuk dalam golongan tumbuhan, seperti lumut, daun talas, buah-buahan, dsb.
Jenis-jenis Umpan Palsu
a. Floating Plug
Umumnya bibir umpan terbuat dari bahan plastik atau alumunium yang sifatnya ringan, supaya umpan bisa mgengambang di permukaan air. Panjang umpan +/- 3-34 cm, dengan berat +/- 2-100 gr.

b. Sinking Plug
Umumnya umpan jenis sinking bersifat berat, supaya umpan bisa tenggelam dalam air. Sinking Plug dibagi dua jenis yaitu:
Slow sinker, umpan hanya mencapai pertengahan kedalaman air.
Fast Sinker, umpan tenggelam sampai ke dasar.
Panjang umpan +/- 7-34 cm, dengan berat +/- 7-130 gr.

c. Rapping Plug
Umumnya umpan hanya mencapai kedalaman pertengahan air, dan bergerak zig zag seperti ikan hidup. Panjang Umpan +/- 4-10 cm, dengan berat +/- 5-27 gr.

d. Popping/ Popper
Umumnya umpan berada di permukaan air dan gerakan umpan membuat air memercik. Panjang Umpan +/- 4-34 cm, dengan berat +/- 5-100 gr.

e. Konahead
Umpan yang memiliki skirt yang terbuat dari bahan karet dan berbentuk seperti cumi-cumi, dan umumnya digunakan untuk trolling.

f. Squid
Umpan terbuat dari bahat kayu dan plastik dengan mata kail berbentuk seperti payung, dan umumnya digunakan untuk memancing cumi-cumi. Panjang umpan +/- 7-11 cm, dengan berat +/- 10-18 gr.

g. Spoon
Umpan terbuat dari bahan metal, dengan berat yang beragam +/- 14-35 gr. Umumnya digunakan untuk jigging.

h. Spinner
Umpan yang sudah dilengkapi atau divariasikan dengan spoon/blade dan bulu-bulu, spoon tersebut akan berputar mengelilingi lure didalam air, sehingga menimbulkan getaran atau dengung suara yang akan membuat ikan-ikan mendekat.

i. Flies
Umpan yang divariasikan dengan bulu-bulu dan didesign menyerupai bentuk serangga. Umpan tersebut akan mengambang diatas permukaan air, mirip dengan serangga asli.

j. Umpan Karet
Umpan yang terbuat dar bahan karet dengan bentuk yang bervariasi, dan untuk pemakaiannya umumnya dipasangkan pada jighead, jig hook dan worm hook.

k. Lain-lain
Selain lure yang berbentuk ikan, dewasa ini lure juga didesign mengambil bentuk hewan air seperti kodok, udang, tikus, dsb. referensi: :iftfishing.com/fishing-guide

1 komentar:

  1. Thanks infonya. Jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2OJQQpc

    BalasHapus