Kamis, 24 Mei 2012

Cara Memancing di Danau

Memancing ikan di danau memiliki kesulitan tersendiri, selain airnya yang relatif lebih dalam dari pada sungai, tempatnya yang luas juga yang menyebabkan posisi ikan yang sulit ditebak serta ketersediaan makanan alami ikan yang banyak bagi ikan. Ikan di danau kebanyakan tidak kesulitan untuk mencari makan, sehingga ikan relatif dalam keadaan kenyang sepanjang waktu. 
Karena area danau yang luas kita dapat menggunakan rakit atau perahu untuk menjangkau lokasi memacing yang ideal dan biasanya lokasi tersebut jauh dari lalu lalang manusia.



Yang harus di perhatikan 
  1. Untuk memancing ikan di danau kita harus memperhatikan musim. Musim sangat berpengaruh terhadap oksigen di air danau. Musim kemarau atau musim hujan.
  2. Pada saat musim kemarau yang panas menyebabkan lapisan atas air danau menjadi hangat. Lapisan bawah dingin dan miskin oksigen. Karena ikan membutuhkan oksigen terlarut yang tinggi di air, maka ikan akan berada di tengah atau sebagian di permukaan air danau.
  3. Saat musih hujan air di permukaan cenderung dingi sehingga lebih banyak oksigen terlarut di air dibandingkan di dasar danau yang hangat. Ikan akan cenderung banyak berada di permukaan dibandingkan di dasar danau.
  4. Suhu air juga kita perhatikan karena sangat berpengaruh terhadap selera makan ikan, jika terlalu dingin kemungkinan kecil kita akan mendapatkan ikan.
Cara Memancing
Berdasarkan fakta di atas kita bisa men-set pancing kita untuk disesuaikan berdasarkan keberadaan ikan di danau. Jika musim kemarau, pemberat di bawah mata kail kita sesuaikan dengan kedalaman danau, perkirakan mata kail kita berada di setengah kedalaman danau.  Jika musim hujan kita memancing tidak menggunakan pemberat, tapi menggunakan pelampung dengan kedalaman umpan dari permukaan air danau sekitar 40 cm.
Umpan
- Lumut
- Udang Kecil
- Pelet
- Adonan pelet, telur busuk dll (terkadang ada juga yang mencampurnya dengan maaf kotoran manusia)
Umpan yang biasa digunakan adalah lumut yang biasa berada di sawah, pilih lah lumut yang masih segar dan berwarna hijau muda. Untuk umpan yang tepat sebaiknya kita tanyakan pada penduduk sekitar danau, karena merekalah yang lebih tau ikan di danau tersebut biasa memakan umpan apa.

selamat mencoba....!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar