Kamis, 10 Mei 2012

Trik Memancing Ikan Mas yang susah di pancing

Trik memancing ikan mas yang susah di pancing.
Ikan mas termasuk ikan yang populer di kolam pemancingan, ikan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi yang menyukai memancing di kolam. Ikan yang mencari makan di dasar tempat habitatnya berada ini memiliki makanan alami berupa jasat-jasad renik maupun hewan-hewan kecil air yang ada di lumpur.
Dalam memancing ikan ini tentunya menggunakan cara memancing dasar (bottom fishing). Sedangkan umpan yang digunakan untuk memancing ikan mas relatif mudah untuk didapat atau mudah dibuat.

Umpan untuk memancing ikan mas:
  1. Pelet
  2. Udang rawa
  3. Umpan racikan atau adonan (ada sebagian pemancing mencampur adonan yang dibuatnya dengan maaf kotoran manusia katanya "lebih ampuh" mungkin karena baunya itu yang menarik ikan untuk mendekat)
  4. Ulat pohon pisang, ulat ini berukuran kecil kira-kira sebesar pangkal lidi, ulat ini dapat kita peroleh dari pohon pisang yang sudah ditebang,  dengan cara pohon pisang yang telah ditebang dibiarkan selama seminggu, ulat ini memakan pohon pisang tersebut, belah pohon pisang, disela-sela lapisan pohon pisang yang berlubang-lubang tersebutlah biasanya ulat pohon pisang berada.
  5. Ulat daun pisang
  6. Ulat Bambu
Trik memancing ikan mas yang susah di pancing
Memancing ikan mas gampang-gampang susah. Umpan dan teknik dalam memancing telah tepat pun terkadang belum tentu dapat, memang terkadak kembali juga pada rejeki atau nasib orang yang memancingnya. Tapi kita sebagai manusia tentu saja harus berusaha secara maksimal. Makanan alami ikan ini yang berupa jasad-jasad renik membuatnya mudah untuk melihat senar pancing, untuk ikan mas yang susah di pancing atau sering di pancing :
  1. Gunakan joran yang ujungya lembut/pancing stik, (tidak menggunakan pancing katrol), pakai pelampung.
  2. Gunakan senar pancing yang berukuran kecil yang telah direndam dengan air panas. 
  3. Gunakan mata kail (hook) no 6 kecil. Pakai pelampung
  4. Umpan  yang baik untuk kolam pemancingan adalah umpan no 3 (di atas) "lebih ampuh"
  5. Perhatikan pelampung terkadang pelampung hanya bergerak sedikit walaupun ikan yang menyantap umpan kita ikan babon.
  6. Saat strike ikan besar jangan khawatir senar pancing kita putus, asalkan jangan sampai menyetuh senar pancing dan saat ikan telah dekat ke pinggir kolam angkat ikan tersebut dengan menggunakan serokan.
Selamat mencoba...




2 komentar: