Kamis, 26 April 2012

Pemberian Pakan Ikan Untuk Kolam Hias


Pemberian pakan yang teratur sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan kesehatan ikan, pemberian pakan dapat dilakukan pada  jam 7 pagi dan jam 2 siang, atau jam 7 pagi dan 5 sore setiap harinya tergantung pada waktu yang kita miliki.
Ikan yang baru dipindahkan ke kolam biasanya tidak langsung mau makan, mereka akan beradaptasi dahulu beberapa hari, jadi biarkan beberapa hari tidak diberi pakan pellet. Setelah 2 hari biasanya ikan sudah mulai beradaptasi dengan lingkungan barunya, barulah ikan mau makan.
Pelet merupakan pakan (buatan) utama hampir segala jenis ikan, berilah pelet yang berkualitas baik, sehingga tidak banyak yang tersisa. Untuk makanan tambahan, ikan koi biasanya diberi tambahan berupa telur rebus. Ikan nila dapat diberi pakan tambahan sisa sayur-sayuran seperti kangkung, sawi putih maupun hijau.  Gurami dapat diberi pakan tambahan berupa daun talas muda.
Pemberian pakan juga harus disesuaikan dengan jumlah ikan yang ada dalam kolam, jika pemberian pakan terlalu banyak akan menyebabkan penumpukan sisa pakan pada dasar kolam, sisa bahan pakan yang terlalu banyak dapat menjadi racun bagi penghuni kolam.

Keadaan yang dapat mengganggu selera makan ikan yaitu,:  
1)      Suhu air yang terlalu dingin (dikarenakan terlalu banyak masuknya air hujan)
2)      Kadar Ph yang terlalu tinggi atau terlalu rendah
3)      Ikan stress/terganggu (biasanya oleh anak-anak)
4)      Populasi ikan terlalu tinggi
5)    Kurangnya oksigen dalam air 


Lengkapnya baca di sini Keadaan yang dapat mengganggu selera makan ikan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar