Sabtu, 14 Juli 2012

Muara Pasar Bengkulu

        Muara Pasar Bengkulu bermuara di ujung pantai Jakat Muara Pasar Bengkulu dapat ditemput dalam 2 menit dari Universitas Bengkulu. Muara ini sebenarnya memiliki potensi yang sangat baik sebagai tempat wisata atau pun hotspot memancing, sunguh disayangkan akibat pertambangan batu bara di hulu sungai ini menyebabkan muara Pasar Bengkulu mengalami abrasi yang cukup parah. Dampak dari pertambangan ini sedikit banyaknya mengurangi jumlah ikan di pinggir pantai. Ikan yang biasanya bertelur di sungai ini menjadi takut untuk masuk ke sungai, karena di muara ini pun banyak penambang dari masyarakat yang mengumpulkan sisa dari pertambangan batu bara di hulu yang mencuci hasil tambang batu baranya dan membuangnya ke sungai.
       Saat ini Hotspot Muara Pasar Bengkulu sudah sangat berkurang ikannya, ini disebabkan oleh sampah hasil erosi dari hulu sungai yang menumpuk di muara ini belum lagi polusi dari air cucian batu bara. Saat pasang lah saat yang tepat untuk memancing di muara ini, yaitu saat air laut lebih dominan dari pada air sungainya. Untuk memancing di muara ini kita harus menggunakan pemberat jangkar khusu untuk memancing di muara yang arusnya deras, sehingga tidak terbawa arus sungai maupun arus pasang laut yang cukup deras.
      Ikan di muara ini beragam dari ikan pari, ikan gelamo, arau (anak GT), maco-maco, ikan nawi, ikan gaguk, kalo lagi berutung kita bisa saja mendapat ikan kakap atau ikan kerapu tetapi kalau tidak berutung malah ikan buntal yang tertangkap dan memutuskan tali pancing kita. Saat muara airnya keruh seperti saat habis hujan deras di hulu umpang pancing kita paling juga yang menyatapnya pelus (sejenis belut).
.
Salah satu hasil tangkapan di muara Pasar Bengkulu

Teman strike ikan Nawi


***Salam Strike***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar