Selasa, 17 Juli 2012

Kolam Hias Dalam Rumah

Pembuatan kolam hias dalam rumah tentunya bertujuan untuk mempercantik penampilan atau berefek menyejukkan dari sebuah rumah, tetapi tentu saja tujuan tersebut jangan sampai menganggu ataupun mempengaruhi fungsi rumah yang lainnya.

Sebelum membuat kolam hias dalam rumah hendaknya mempertimbangkan berbagai faktor
  1. Letak atau posisi kolam harus tepat sehingga tidak mengganggu fungsi dari bagian rumah lainnya, 
  2. Pengaruh dari penguapan air kolam yang dapat melembabkan ruang dalam rumah sehingga dapat menganggu kesehatan penghuni rumah. 
  3. Kalaupun tetap ingin membuat kolam hias di dalam rumah, tempatkan kolam di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik atau tambahkan kipas blower ke arah luar rumah, untuk membuang kelembaban. 
  4. Cara pembuatan kolam hias dalam rumah juga harus tepat sehingga tidak mudah merembes apalagi bocor yang dapat menyebabkan dinding rumah di sekitar kolam menjadi lembab. 
  5. Luas kolam juga sebaiknya tidak terlalu besar.
Kelebihan kolam hias dalam rumah
  • Karena kolam di dalam rumah tidak terkena matahari langsung sehingga air kolam tidak akan berwarna hijau
  • Ukurannya yang tidak besar sehingga mudah dalam perawatannya
  • Tidak harus menggunakan penyaring air
  • Ikan yang dipelihara juga berukuran kecil sehingga tidak memerlukan biaya yang besar untuk pakan ikan dan perawatannya.

Bentuk kolam hias dalam rumah

Bentuk kolam di atas berbentuk segi tiga pada sudut ruangan, di bagian atas ada bagian rumah yang terbuka, agar tidak menyebabkan ruangan rumah menjadi lembab. Kita dapat membuat berbagai bentuk untuk kolam sesuai dengan keinginan, tinggal penambahan asesoris atau bentuk dinding yang kita kehendaki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar