Jumat, 15 Juni 2012

Pemilihan Ikan Untuk Kolam Hias


Bagi yang membuat kolam sebagai kolam hias, Anda dapat memilih ikan mas atau ikan koi. Ikan mas / Goldfish yang fancy biasanya tidak terbiasa hidup di kolam, tetapi jenis-jenis ikan mas / goldfish berikut dapat hidup di kolam: ikan mas biasa, shubunkins, comets, wakins, jikins, watonai dan sabao. Pilih ikan yang warnanya cerah, karena akan mempercantik penampilan kolam hias anda. Jangan lupa saat membeli ikan pilihlah ikan yang sehat, perhatikan tanda-tanda ikan yang berpenyakit seperti spot putih, sirip ikan yang rusak atau hilang, sisik yang lepas, atau ikan yang kelihatan tidak bertenaga / lemas.
Untuk sekedar suka biasanya kita tidak perlu ambil pusing ikan apa yang akan dipelihara di kolam, tapi sebaiknya ikan yang tidak cepat membuat air menjadi keruh/hijau seperti gurame, ikan patin atau ikan mas biasa.
Yang mengangap ikan bisa membawa peruntungan biasanya akan memilih ikan mas Koi sedangkan ikan Arwana biasanya dipelihara di aquarium. Jika tetap ingin memelihara ikan Arwana di kolam kita dapat menambahkan pagar yang terbuat dari kawat kasa mengelilingi pinggir kolam yang dikarenakan oleh kebiasaan ikan ini yang suka melompat.
Kita dapat memilih satu jenis ikan saja (monokultur) atau beberapa jenis (polycultur)  ikan nila merah dengan ikan mas dengan perbandingan 1 : 3. Atau dapat juga ikan mas dan ikan yang lainnya, atau beberapa jenis ikan mas, pada dasarnya ikan jenis apa pun dapat disatukan asalkan salah satunya bukan merupakan ikan peredator atau kompetitornya (seperti ikan gabus, kerapu sungai, gurami atau pun piranha hee…emang ada yang berani memelihara ikan piranha di kolam rumah), karena dapat mengganggu pertumbuhan ikan lainnya. 

Yang harus diperhatikan dalam memilih ikan:
- Kesehatan ikan
- Jenis maupun ukuran ikan disesuaikan dengan jenis kolam (dari semen atau terpal/plastik)
- Predataor (pemangsa) atau tidak
- Karakteristik ikan
- Ikan nila termasuk ikan yang mudah membuat air kolam menjadi hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar