Rabu, 27 Juni 2012

Hotspot Pantai Tapak Padri


Pantai Tapak Paderi dapat ditempuh kurang lebih hanya 10 menit dari pusat Kota Bengkulu. Dulu merupakan salah satu bandar pelabuhan Bengkulu pada jaman penjajahan, lokasi Benteng Malbrough terletak di pantai ini.tapi seiring berjalannya waktu dan adanya penumpukan abrasi dipinggir pantai, jadi tidak bisa digunakan lagi, sekarang area sekitar ini sudah dibangun arena wisata dan panggung hiburan yang sering dipergunakan untuk festival tabot setiap tahunnya. 

Kembali ke hotspot, Pantai Tapak Paderi merupakan salah satu tempat memancing penduduk kota Bengkulu, ini dikarenakan tempatnya dipinggir kota dan askses kesananya mudah. Pagi di hari minggu joran pancing berjejer menunggu tarikan dari ikan yang terkail. Ikan Gebur, merupakan faforit pemacing di hotspot ini, para pemancing akan memadati pantai ini jika tersebar kabar bahwa hotspot ini sedang musim ikan gebur. Pernah pada bulan Juni di hotspot ini terkail ikan layaran, saya tidak tahu apa jalur migrasi ikan tersebut memang melalui pantai ini atau hanya ikan yang nyasar. 

Di pantai ini terdapat pula danau buatan, ikan yang ada di danau ini juga merupakan sasaran para pemancing. Sebelum air laut masuk ke danau ini (tanggulnya jebol) danau ini di penuhi oleh ikan nila, mujahir dan ikan bulan.
Karen pantai Tapak Padri merupakan salah satu tujuan wisata di Bengkulu, tentunya di hari minggu akan banyak dikunjungi orang. Tentu sangat tidak membosankan memacing sambil meninkmati pemandangan Pantai Tapak Paderi yang indah. Bila haus atau lapar, jajanan banyak tersedia di tempat ini, hanya saja harganya hampir dua kali lipat dari harga biasa, maklumlah karena ini merupakan tempat wisata.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar